Alt

Frame adalah bagian utama dari sepeda dan merupakan kerangka semua komponen lainnya yang terpasang. Tidak semua frame sepeda diciptakan sama. Tergantung dari kebutuhan si pengendara sepeda. Jika pemilihan frame salah, maka akan berakibat fatal untuk kenyamanan si pengendara sepeda. Agar tidak salah beli, yuk kenali jenis-jenis bahan frame sepeda.

 

  1. Hi-Ten Steel (Baja) 

Harganya paling murah diantara bahan-bahan frame sepeda lainnya. Biasanya banyak digunakan untuk sepeda umum dan sport amatir. Bahannya kaku dan berat. Keunggulannya, frame ini tidak mudah patah karena terbuat dari besi tetapi mudah karat dan sambungan lasnya kecil-kecil.

 

  1. Chromoly

Harga dari bahan ini terbilang murah. Chromoly merupakan campuran dari chromium dan molybdenum sehingga bisa disebut chromoly. Material ini mirip dengan steel (baja), namun lebih ringan dan agak sulit berkarat dari baja biasa. Jika dibandingkan dengan alloy atau hi-ten steel, chromoly adalah yang paling berat, namun mempunyai kelenturan dan kekuatan yang lebih dibandingkan dengan alloy dan hi-ten steel.

 

  1. Alloy (Aluminium)

Bahan ini terbilang agak murah dan umum digunakan untuk sepeda sport dan professional. Kualitas frame-nya juga lebih ringan dibandingkan dengan steel dan chromoly. Frame ini dikategorikan di level menengah. Untuk tingkat ketahanan, alloy hanya bisa bertahan sekitar 5-10 tahun saja, setelah itu anda harus mengganti frame dengan yang baru. Untuk warna dasar alloy adalah silver dan abu-abu.

 

  1. Carbon Fiber

Harga dari bahan ini termasuk mahal, karena melalui proses pembuatan yang cukup rumit. Frame ini dikategorikan sebagai top level karena frame ini dibuat dengan telili untuk setiap sambungan antar main tubeside tube, dan top tube yang nyaris tidak terlihat. Frame ini sangat ringan dan kuat, namun mudah rusak dan patah. Maka jika frame karbon anda terjatuh, bersiap-siaplah untuk mengganti frame anda yang baru.

 

  1. Titanium

 

Untuk soal harga frame berbahan titanium ini termasuk yang paling mahal karena bahannya yang ringan, kuat seperti baja, tahan terhadap karat, dan langka. Warna dasar frame dari titanium ini adalah abu-abu. Biasanya yang memakai frame sepeda dari bahan titanium adalah para pembalap professional.