Alt

Headset dengan model integrated banyak dijumpai pada sepeda-sepeda road modern, dan beberapa sepeda cross country. Headset dengan desain seperti ini diciptakan untuk mengurangi bobot karena bearing ditempatkan langsung di headtube tanpa dudukan berbentuk mangkuk seperti pada headset tipe konvensional atau internal. Absennya mangkuk ini juga membuat pemasangannya tidak memerlukan peralatan khusus, sehingga tidak sulit dilakukan. Untuk mendapatkan pengendalian yang nyaman, ikuti cara pemasangan serta penyetelannya berikut ini.

 

1. Oleskan selapis tipis grease pada bagian pangkal fork steerer  dan crown race. Masukkan crown race ke pangkal fork steerer. Mekanik profesional biasanya menggunakan alat khusus, kita bisa menggunakan obeng minus yang diketuk palu. Ketuk perlahan agar tidak merusak crown race ataufork.

2.  Oleskan selapis tipis grease pada bagian dalam headtube dan bearing bagian atas dan bawah. Masukkan bearing ke dalam dudukannya diheadtube bagian atas dan bawah. Pastikan posisinya tidak terbalik: bagian yang memiliki sudut di tepian sebelah luar akan menempel ke headtube.

3. Masukkan fork steerer ke dalam headtube. Pasang upper race, bagian seperti lower race yang biasanya memiliki semacam belahan sehingga berbentuk seperti huruf C. Tempatkan di bagian dalam bearing.

4. Pasang upper bearing cover, pastikan semua parts yang terpasang berada dalam posisi yang tepat dan tidak miring.

5. Masukkan headset spacer sejumlah  yang diperlukan, pasang stem, potong fork steerer bila kepanjangan.

6. Pastikan panjang fork steerer lebih tenggelam sekitar 2-3 mm dari bibir atas stem atau headset spacer saat terpasang, agar top cap bisa terpasang. Olesi bagian dalam ujung fork steerer dengan sedikit grease

7. Masukkan star nut ke dalam fork steerer. Mekanik profesional biasanya menggunakan alat khusus, kita bisa menggunakan baut yang cukup panjang yang diketuk palu. Pastikan posisi star nut tidak miring saat diketuk kedalam fork steerer.

 8. Pasang top cap dan kencangkan bautnya untuk menekan seluruh stem/headset spacer ke bawah. Jaga supaya fork bisa tetap berputar bebas, namun tidak terlalu longgar sehingga menyebabkan fork menjadi oblak.

 9. Luruskan posisi stem terhadap roda depan, kemudian kencangkan bautnya.

 

(Sumber: BikersFreak Magazine #8)